ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY PADA SISWA KELAS 5 DI SD NEGERI SUMBEREJO KECAMATAN BESUKI

NURIYAH HARYANTI, NURI and Gustilas Ade Setiawan, S.Pd.,M.Pd, BAPAK ADE and Afif Amroellah, S.Pd.,M.Pd, BAPAK AFIF (2024) ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY PADA SISWA KELAS 5 DI SD NEGERI SUMBEREJO KECAMATAN BESUKI. Other thesis, universitas abdurrachman saleh situbondo.

[img] Text (model pembelajaran two stay two stray)
jurnal asli.pdf - Other

Download (266kB)
[img] Text
jurnal cek plagiasi.pdf

Download (303kB)
[img]
Preview
Image
17049582794208528290502434413266.jpg

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Pembelajaran adalah cara interaksi antara peserta didik dengan pendidik dan tempat bertanya atau tempat informasi tentang berbagai pengetauan dan lingkungan belajar. Model pembelajar benar-benar menolong pendidik dalam prosedur belajar mengajar untuk memperoleh penge-tahuan, kemampuan keterampilan dan sikap, serta pembentukan sikap dan percaya diri pada siswa. Tujuan utama belajar adalah mengarahkan peserta didik demi memperoleh dampak pembelajar yang diinginkan dalam kognitif, emosional atau psikomotorik. Studi ini mempu-nyai tujuan kepada peneliti apakah proses belajar mengajar di SD Negeri Sumberejo guru menerapkan model pembelajaran two stay two stray khususnya guru kelas 5. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, metode pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yaitu pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Spencer Kagan (dalam Jurnal Amrina Zaenab Lapohea, 2014: 134) melaporkan kalau model pendidikan two stay two stray ialah sesuatu model pembelajaran yang membagikan peluang kepada anggota kelompok buat membagi hasil serta informasi. Perihal ini membolehkan terbentuknya transfer ilmu antar peserta didik sehingga peserta didik jadi aktif menjajaki proses pendidikan. Menurut Sugianto (dalam Amrina Zaenab Lapohea, 2014: 134) kalau model pendidikan two stay two stray ini dapat digunakan dalam seluruh mata pela-jaran dan untuk seluruh tingkatan umur peserta didik. Kata Kunci: Pembelajaran, Two Stay Two Stray, dan Aktif ENGLISH Learning is process of interaction between students and teachers and learning resources and the learning environment. The learning model really helps teachers in the learning process to gain knowledge, skills and attitudes, as well as forming attitudes and self-confidence in stu-dents. The main goal of learning is to direct students to achieve good learning outcomes in cognitive, motional or psychomotor. This reseach ains to examine whether learning at Sum-berejo State Elementary School teachers apply the two stay two stray learning model, especial-ly class 5 teachers. This type of research uses qualitative research, data collection methods through observation, interviews and documentation. Data analysis methods are data collec-tion, data presentation, and drawing conclus ions. Spencer Kagan (in Amrina Zaenab Lapohea’s Journal, 2014: 134) states that the two stay two stray learning model is a learning model that provides opportunities for group members to share results and information. This allows for the transfer of knowledge between students so that students become active in partici-pating in the learning proce ss. According to Sugianto (in Amrina Zaenab Lapohea, 2014: 134) the two stay two stray learning model can be used in all subjects and for all age levels of students Keywords: Learning, Two Stay Two Stray, and Active

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; Two Stay Two Stray; dan Aktif;
Subjects: L Education > LD Individual institutions (United States)
Divisions: PGSD > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nuriyah Haryanti
Date Deposited: 10 Jan 2024 07:43
Last Modified: 11 Jan 2024 07:24
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/1389

Actions (login required)

View Item View Item