PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA RODALI (RODA PERKALIAN) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DI SD INTEGRAL LUQMAN AL HAKIM SITUBONDO TAHUN AJARAN 2022-2023

Anizar, Fajriana (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA RODALI (RODA PERKALIAN) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DI SD INTEGRAL LUQMAN AL HAKIM SITUBONDO TAHUN AJARAN 2022-2023. Other thesis, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo.

[img] Text
Jurnal anijar.pdf

Download (676kB)
[img] Text
Jurnal anijar.docx

Download (138kB)
[img]
Preview
Image
IMG-20231213-WA0015.jpg

Download (47kB) | Preview

Abstract

Abstrak: Guru dituntut lebih kreatif dalam mencari solusi untuk kesulitan yang dialami anak didiknya selama kegiatan pembelajaran. Seperti penggunaan media tiga dimensi untuk mempermudah siswa memahami suatu permasalahan dalam pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan penerapan media rodali sebagai upaya meningkatkan hasil belajar perkalian dasar siswa kelas III SD Integral Luqman Al Hakim Situbondo tahun ajaran 2022-2023; 2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan media rodali pada materi perkalian dasar siswa kelas III SD Integral Luqman Al Hakim Situbondo tahun ajaran 2022-2023. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, disusun dalam siklus berdaur terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksanakan dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah: 1) metode observasi untuk mengamati aktifitas siswa; 2) metode tes untuk mengetahui hasil belajar siswa; 3) metode wawancara untuk mengetahui pendapat siswa tentang kepuasan belajar. Subyek yang digunakan adalah siswa kelas III yang berjumlah 25 siswa. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif. Kesimpulan dari penelitian adalah pembelajaran dengan media tiga dimensi memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus yaitu siklus I (80%) dan siklus II (92%). Kata kunci: Media Pembelajaran Tiga Dimensi, Hasil Belajar, Matematika, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PGSD > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Anizar Fajriana
Date Deposited: 13 Dec 2023 07:08
Last Modified: 13 Dec 2023 07:08
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/1372

Actions (login required)

View Item View Item