ANALISIS KARAKTERISTIK SISWA UNTUK MENCAPAI PEMBELAJARAN YANG BERMAKNA

Dewi, Ratih Kesuma (2021) ANALISIS KARAKTERISTIK SISWA UNTUK MENCAPAI PEMBELAJARAN YANG BERMAKNA. Education Journal : Journal Education Research and Development, 5 (2). pp. 255-261. ISSN 2548-9291

[img] Text
Jurnal Education.pdf

Download (2MB)
[img] Text
bu ratih 3.pdf.pdf

Download (281kB)

Abstract

Proses belajar mengajar di sekolah harus sesuai dengan karakteristik siswa agar tercapai pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan. Sayangnya, kurangnya pengetahuan dan kedasaran pendidik (guru/dosen) tentang pentingnya mengenal dan menganalisa karakterisik siswa mengakibatkan proses belajar mengajar tidak maksimal. Karakteristik siswa meliputi beberapa hal yaitu, etnik, kultural, status sosial, minat, perkembangan kognitif, kemampuan awal, gaya belajar (learning style), motivasi, perkembangan emosi, perkembangan sosial, moral dan spiritual, serta perkembangan motorik. Tujuan studi ini adalah mendeskripsikan nilai-nilai karakteristik siswa dan metode analisa karakteristik siswa untuk mencapai pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan. Studi ini menggunakan studi pustaka atau kajian litearatur, dengan pengumpulan data yang diarahkan kepada data dan informasi melalui dokumen-dokumen, tertulis, maupun dokumen elektronik yang dapat mendukung dalam proses penulisan. Kata kunci : Analisis, Karakteristik, Siswa, Pembelajaran Bermakna

Item Type: Article
Subjects: L Education > LA History of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: PGSD > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ratih Kesuma Dewi
Date Deposited: 07 Sep 2023 09:27
Last Modified: 08 Sep 2023 03:51
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/1156

Actions (login required)

View Item View Item