Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achiviement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Dodik Eko Yulianto, M.Pd Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achiviement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achiviement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.

[img] Text
2. Jurnal Dodik Terbit di Konsilium Biro 3 (2021).pdf

Download (203kB)
[img] Text
5. turnitin pembelajaran STAD.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achiviement Division (STAD) pada siswa kelas 3 SDN 1 Lamongan Arjasa Situbondo mata pelajaran IPS materi uang semester genap tahun pelajaran 2021-2022. Penentuan subjek penelitian menggunakan metode purposive area yaitu siswa kelas 3 yang terdiri atas 14 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi metode observasi, wawancara, tes dan dokumen. Data yang dikumpulkan berupa (1) hasil observasi aktivitas guru selama pelaksanaan pembelajaran; (2) hasil belajar siswa melalui ulangan harian berupa tes tulis. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus, yang masing-masing terdiri atas 4 tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas 3 SDN 1 Lamongan Arjasa Situbondo dari hasil belajar siswa meningkat dari belum tuntas menjadi tuntas secara klasikal.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PGSD > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dodik Eko Yulianto M.Pd
Date Deposited: 24 Jul 2023 09:32
Last Modified: 25 Jul 2023 14:10
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/1075

Actions (login required)

View Item View Item